KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK)
MATA PELAJARAN : DASAR DESAIN GRAFIS
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang
kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami
unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,
gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
4.1. Membuat
unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,
gelap-terang, tekstur, dan ruang
|
3.2 Mengidentifikasi
fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
|
4.2. Menyajikan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan
RGB.
|
3.3 Memahami
prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras,
kesatuan (unity), dan harmoni dalam
pembuatan desain grafis
|
4.3. Menyajikan hasil penerapan prinsip-prinsip tata letak,
antara lain : proporsi, irama (rythm),
keseimbangan, kontras, kesatuan (unity),
dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
|
3.4 Memahami
berbagai format gambar
|
4.4. Menyajikan
berbagi format gambar
|
3.5 Memahami
proses scan gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
|
4.5. Melakukan
proses scan gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain
|
3.6 Memahami perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
4.6. Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor
|
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan
fitur efek
|
4.7. Mempraktekan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan
fitur efek
|
3.8 Memahami
pembuatan desain berbasis gambar vektor
|
4.8. Membuat
desain berbasis gambar vektor
|
3.9 Memahami
perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
4.9. Menggunakan
perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
|
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan
fitur efek
|
4.10. Mempraktekan manipulasi gambar raster dengan menggunakan
fitur efek
|
3.11 Memahami
pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)
|
4.11. Membuat
desain berbasis gambar bitmap (raster)
|
3.12 Memahami
penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
|
4.12. Membuat
desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
|