22 October 2016

Permainan Berbasis Elektronik Masa Lalu

Meskipun era kejayaannya sudah tergeser dengan keberadaan rental PlayStation, namun alat-alat permainan elektronik ini tetap menyimpan berbagai kenangan indah, khususnya bagi mereka yang sempat merasakan sensasi bermain dengan portable ini. Berikut di antaranya:
Gembot, Gimbot (Game Watch)
Kami dulu menyebutnya gimbot/gembot. Ya maklum, bahasa Inggrisnya lumayan istimewa. Pertable keren zaman dulu ini menjadi magnet bagi banyak anak-anak, bahkan tidak sedikit orang dewasa yang ikut memainkannya. Portable ini sangat sederhana, warna hitam putih, namun tetap istimewa. Bahkan, saking larisnya permainan ini. Di luar pagar sekolah dulu biasanya ada jasa penyewaan Gimbot (seperti rental berjalan). Cukup bayar ratusan rupiah, maka kita bisa asyik menikmatinya. Lucunya lagi, tiap portable diberi tali oleh pemilik rental sehingga ngruntel kalau bermain. Dulu saya paling suka Heli – Battle, Beam War, dan Western Bar.

Rental Gembot


2.      Permainan Tetris
Portable ini harganya sedikit lebih murah dibanding Gimbot dengan genre game Heli – Battle dll. Portable khusus tetris banyak disukai karena simpel dan tidak ada saingan (kayaknya gitu). Game yang populer yang bertemakan puzzel ini seperti layaknya kita menata beberapa batu bata agar mendapatkan tatanan yang baik sehingga kita mendapatkan poin. Jika tumpukan bata penuh, permainan dinyatakan berakhir.


3.      Gimbot Air
Yang ini sebenarnya bukan sebuah portable canggih, hanya permainan sederhana namun tetap butuh ketepatan dan kejelian. Namanya Gembot air. Gimbot air adalah permainan anak zaman dahulu yang berbentuk bermacam-macam. Ada yang seperti PSP (kalau jaman sekarang), ada yang berbentuk ikan dan bentuk-bentuk yang lain. Namun dalam permainan tersebut tidak ada elemen elektronis nya. Hanya ada 2 tombol yang memompa air yang berfungsi untuk menerbangkan ring kecil agar masuk ke tiang. 


4.      Dingdong

Yang ini sudah sedikit agak modern, namun tidak banyak yang menyediakannya. Maklum, harganya mahal, portable ini biasa disebut mesin dingdong. Dulu biasanya saya menyewa di satu-satunya rental yang ada di kecamatan. Game ini memanfaatkan koin untuk alat bermain. Dilengkapi dengan beraneka tombol, unit game ini menawarkan sensasi luar biasa. Makanya, game ini dulu bisa bikin uang saku habis. Ada beberapa game yang populer diantaranya street fighter, final fight, Cadillacs and Dinosaurs, Mortal Kombat, dll.