20 November 2016

Kedai Kecil dengan Nama Unik di Gresik

         Tidak tahu mengapa virus nama-nama aneh bertebaran menghiasi lokasi/rumah makan/sejenisnya di negeri ini. Mencari sensasi bisa jadi alasan utamanya. Sebut saja Mie Setan, Nasi Goreng Mercon, Mie Ruwet, dan sebagainya yang sudah dikenal publik Gresik (tiga nama yang disebutkan akan dibahas pada kolom yang lain). Nah, kali ini Tim AJ sudah menilisik beberapa rumah makan kecil/penjual keliling di daerah Gresik yang juga punya keunikan tersendiri. Berikut daftarnya:

Mbah Gogel Sayur

                Pengen cari sayur yang segar dan murah? nggak riwuh kayak pasar. Hmm.. Datang aja ke Mbah Gogel Sayur di Menganti, Jalan Raya Desa Boteng tepatnya di depan Gapura Desa Boteng (jalan masuk ke SMA Negeri 1 Menganti). Toko ini menjual berbagai macam sayur-mayur yang terpercaya kualitas sayurnya. Bu Wiwin pemilik toko sayur ini. Masih satu bulan berdiri, tapi toko sayur sudah mempunyai banyak pelanggan. Keunikan dari Mbah Goglesayur adalah nama toko tersebut. mungkin nama tersebut diambil dari aplikasi Google yang berfungsi untuk mencari informasi lewat internet,sedangkan Mbah Gogel Sayur maksudnya untuk mencari berbagai macam sayur-mayur. Jika ingin mengunjungi toko tersebut datanglah pukul 06.00 sampai 15.00 itu pun jika persediaan sayur masih ada.

Pentol  Goyang Lidah

Mendengar kata pentol pasti kalian udah enggak asingkan, namanya PENTOL GOYANG LIDAH.  Yang rumahnya di daerah GKB, buruan mampir ke kedai pak poco, pak poco mulai berjualan pentol goyang lidah ini baru satu bulan dan kedai yang berada di GKB ini merupakan cabang dari Jalan Cempaka Surabaya. Kalian tau nggak kenapa kok dinamai Pentol Goyang Lidah? Menurut informasi yang saya dapat karena rasa dari pentol ini lain dari pada yang lain, jadi apa kalian tertarik? Kalau iya silahkan mampir ke kedai pak poco di Jl Kalimantan GKB.

Mie Ayam Pelangi

        Ketika kita lapar, pasti tahukan mau pergi kemana? Nah, di Menganti tepatnya di jalan Domas Indah no. 6 terdapat warung sederhana milik mbak fitri. Warung yang didirikan sekitar awal bulan Oktober 2015 masih baru ,tapi sudah terkenal memiliki menu unik yaitu “ MIE AYAM PELANGI “. Sebenarnya teknik penyajiannya sama dengan mie ayam biasanya. Namun yang membedakan adalah warna mie yaitu merah, kuning, hijau seperti pelangikan. Mungkin dari warna mie tadi, menu ini dinamakan MIE AYAM PELANGI. Jika anda ingin mengunjungi warung ini anda bisa datang pukul 08.00 sampai 20.00. Tapi lebih asyik waktu sore apalagi sama teman.

Es Mie Telor

Outlet minuman yang berlokasi di DS. Cerme lor no. 183 Rt. 02 Rw. 03 ( sebelah GEMUMADESU ) mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Penjualnya bernama pak Busron Latif orang asal Tuban yang sekarang menetap di lokasi tersebut. Sedangkan pemilik outlet es mie telor itu sendiri adalah pak Tamari (orang Benowo). Peminat dan penikmat es mie telor berasal dari anak sekolah dan umum. Keunikan dari es mie telor ini adalah bentuk dan namanya. Tersedia beberapa varian rasa diantaranya leci, melon, strawberry, mangga, anggur, vanila, dll.Outlet es mie telor di daerah Cerme ini sudah buka dari tiga bulan yang lalu.  Jika berminat ingin membelinya, outlet ini buka mulai pukul 08.30 -  21.00.

Warung Makan Rujak Es Cream

Warung unik ini berada di Jl. Raya Bringkang – Menganti. Penjualnya bernama pak Ali. Disini bukan hanya berjualan es krim namun ada banyak menu makanan dan minuman. Makanannya ada gado-gado, rujak cingur, rujak manis, lontong balap, longtong kupang, dan lontong lodeh. Sedangkan minumannya ada aneka macam jus buah dan es, Tapi yang membuat tertarik itu es krimnya karena mempunyai nama yang unik. Ada es krim apolo (apukat loh), es krim kejam (kecampur jambu), es krim rujak (diatasnya rujak dikasih es krim), es krim asoka (astor suka-suka), es krim kelamud (kecampur kelapa muda), es krim kacau (kacampur cao), es krim rasen-gan (rasa duren juragan), dll. Beliau mendapatkan ide membuat nama-nama singkatan yang unik itu agar bisa menarik pembeli.  Pak Ali berjualan sejak tahun 2011. Tiap hari kadang bisa menghabiskan 1 boks tempat es krim. Hebatnya, Pak Ali membuat blog bernama eskrimsukasuka.blogspot.com

Tahu Kebalik

Tahu Kebalik? Kalian tau gak makanan yang satu ini?. Makanan itu ada di kedai Bpk Mahruz dan Ibu Zinatul Aris tempatnya di Jalan Raya Kutil Gempol Kurung Menganti Gresik. Beliau mendirikan kedai ini sejak tahun 2014. Tahu kebalik adalah makanan khas Banyuwangi. Alasan beliau memberi nama tahu kebalik, karena sebagian besar para penjual tahu menjual tahunya dengan cara direbus tetapi beliau mendapatkan ide menjual tahunya dengan cara digoreng. Maka dari itu namanya menjadi tahu kebalik. Isi dari tahu kebalik adalah adonan tepung yang dicampur daging giling dan lapisan luarnya crispy. Harganya cuma Rp. 500 /buah.

Bubur Cinta

Makanan satu ini, semua kalangan pasti tahu bahkan pernah mencicipinya. Tua maupun muda menggemari makanan tersebut. Hangat bisa, dingin apalagi? Makin seger kalau dimakan waktu panas-panas. Ini dia “BUBUR CINTA” agak unik nama kedainya. Mungkin kalau makan bersama pasangan bisa jatuh cinta kali?? Hahaha itu kata pemiliknya. Kedai ini bisa dijumpai di Pertigaan Jln Raya Morowudi-Cerme.  Pemilik kedai Bubur  ini konon katanya hanya iseng menambahkan nama Cinta di Buburnya. Kedai ini menyediakan bubur andalan yakni Kacang Ijo dan Ketan Ireng. Berdiri sejak tahun 2010, Bubur Cinta milik pak Mashudi setiap harinya cukup ramai. Dengan harga 4000 kita bisa menikmatinya. Cukup murah bukan?

Tahu Isi Iblis

            Tahu isi merupakan salah satu gorengan yang simple nan populer terutama dikalangan pelajar. Kalian yang ingin makan gorengan satu ini dengan rasa yang agak beda gak ada salahnya dong kalau kalian mampir ke outlet Mas Romi untuk mencicipi "Tahu Isi Iblis". Tahu isi iblis ini mulai dijajakan Mas Romi sejak 4 tahun yang lalu. Hem, cukup lama yaa ?. Jadi jika kalian penasaran atau kepo dengan rasanya dan sekedar ingin mencicipnya langsung saja datang ke GKB tepatnya di Jl. Kalimantan.

Raja dan Ratu Bakso Super

Dari segi nama saja sudah jelas bahwa makanan disini dijamin pasti unik dan beda dari yang lainya. Bagaimana tidak sesuai nama tempatnya yaitu “RAJA DAN RATU BAKSO SUPER”, emang makananya super banget, porsi baksonya ituloh yang bikin ngiler buat makan disini.  Cak war dan Mbak Yuli memulai bisnis tempat makan ini sejak tanggal 10 juli 2015. Walaupun masih dibilang pemula namun tempat makan di Jl Raya Bringkang ini sudah banyak di gandrungi oleh para pencinta makanan terutama bakso. Nggak hanya porsinya aja kok yang menggoda selera, cita rasanya juga nggak bisa diragukan lagi. So guys, buat kalian yang doyan makan dan pencinta kuliner wajib hukumnya mampir kesini!!. Tantang diri kalian buat abisin pors yang Subhanallah itu!!. Di jamin gak bakal rugi sobat.

Bakso Presiden

Makanan dengan ciri khas adonan daging dicampur tepung dan tidak lupa dengan kuah semua kalangan pasti mengenalnya. Tak lain dan tak bukan adalah bakso. Bakso kikil, bakso urat sudah biasa, tapi bagaimana dengan “Bakso Presiden”?. Bapak Gareng dan Ibu Ning Rahayu adalah pendiri kedai unik ini. Beliau mendirikan kedai ini pada 10 Januari 2007. Dinamakan Bakso Presiden karena Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden dan sebagai warga Negara yang baik kita harus menghormatinya. Penasaran? Silahkan datang ke kedai yang beralamatkan di Desa Gempol Kurung, Menganti-Gresik. Dengan harga 8000-15000 rupiah kita bisa menikmatinya. 

Sego Sambal Keprakk

          Bicara tentang sambal, Didaerah Cerme tepatnya Jalan Raya Pertigaan Morowudi Cerme Gresik terdapat menu makanan unik yaitu “ Sego Sambal Keprakk ”. Warung yang sudah didirikan sejak 5 tahun yang lalu ini dimiliki oleh pak Kavid. Sebenarnya makanan ini sama saja dengan tempe penyet dan keluarganya. Namun yang membedakan adalah cara pembuatan sambalnya, saat menumbuk bumbu menghasilkan suara keras “ prakk ”. Nah...dari itulah nama “ Sego Sambal Keprak ” diambil dan juga berawal dari mimpi pak Kavid. Tersedia banyak pilihan lauk, yaitu tempe, bebek, ayam, bandeng, lele, mujair, ikan Pe, panggangan tenggiri, dan juga telor dadar. Silahkan mampir ke warung sederhana “ Sego Sambal Keprakk ” karena harganya terjangkau sekitar Rp.8000,00  keatas dan rasanya pun dijamin sedapp.

            Itulah deretan kedai kecil di Gresik dengan nama yang unik. Jika ada yang lain, bisa sampaikan melalui kolom komentar. Sekian semoga bermanfaat.