08 August 2016

ASAL USUL DESA DERMO BENJENG

Dermo bertitel Kademangan Majapahit

Keberadaan suatu daerah mempunyai cerita masing-masing. Bahkan sebagian diantaranya di luar prediksi kita. Contohnya keberadaan Desa Dermo. Ada yang tahu ada di mana desa tersebut? Yupz, bener banget. Daerah bernama Dermo tersebut masuk wilayah Kecamatan Benjeng. Desa ini ini termasuk salah satu wilayah ibukota Kec. Benjeng yang terbagi menjadi empat yaitu Bulurejo, Munggugianti, Klampok, dan Dermo.
            Berdasarkan pitutur, masyarakat Dermo pada zaman dahulu adalah keturunan dari pasukan Majapahit. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Majapahit – yang ada di Mojokerto lokasinya berbatasan dengan wilayah Gresik. Semua berawal ketika rombongan dari Majapahit hendak menyerang Giri Kedaton namun mengalami kekalahan sehingga terpukul mundur sampai sungai atau kedung sebelah selatan (sekarang daerah tersebut dinamakan Dusun Kedung Sambi). Pasukan majapahit kemudian menyeberang kedung dan sampai di wilayah selatan (sekarang dinamakan Dermo). Desa ini lalu dijadikan markas rombongan Majapahit. Selanjutnya, desa ini menjadi wilayah kademangan (daerah kekuasaan).
            Tanda-tanda bahwa desa ini merupakan bekas kademangan Majapahit diperkuat dengan adanya sebuah candi di sebelah timur telaga desa Dermo. Sayangnya, bekas areal candi bernama Candi Dermo tersebut kini sudah menjadi telaga. Candi berbentuk gapura paduraks (gapura yang bagian atasnya menjadi satu). Selain itu, di desa tersebut konon juga pernah ditemukan situs purbakala antara lain patung Ganesha, lempeng batu segi empat (mirip altar), dan juga pecahan guci/piring.
            Terkait dengan nama Dermo, konon nama tersebut identik dengan nama penguasa pertama wilayah tersebut yang bernama Ki Darmo Gandul (berkuasa sampai 1889). Nama ini juga serupa dengan penyebutan pada zaman penjajahan Belanda dulu. Sebagai desa kecil, sampai-sampai disebut hanya sebesar tumo (kutu kepala). Makanya, dulu daerah tersebut dijuluki OnDERan sak tuMo yang disingkat Dermo.

            Sekian informasi yang dapat kami bagikan terkait keberadaan Desa Dermo yang berjuluk “kademangan Majapahit” di wilayah Gresik. Yang perlu diketahui pula, desa ini dulu tanda batas wilayah kekuasaan Majapahit vs Giri Kedaton. Sekian semoga bermanfaat. (sumber: Sang Gresik Bercerita dengan penyesuaian)