Pengertian / Definisi Komunikasi

Pengertian Komunikasi  
 
Komunikasi  telah  digunakan  sejak manusia pertama diturunkan ke muka bumi Para ahli memaknai komunikasi antara lain sebagai berikut. 






 


Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh  seseorangkepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua  pihak,  dalam  situasi  yang  tertentu  komunikasi  menggunakan  mediatertentu untuk mengubah sikap atau  tingkah  laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan (Effendy, 2000 : 13). 

Komunikasi  adalah  proses  pemindahan  pengertian  dalam  bentuk  gagasan informasi, dari seseorang ke orang lain (Handoko, 2002 : 30). 


Tidak ada kelompok yang dapat eksis tanpa komunikasi. Menurut Robbins (2002: 310) 
komunikasi  adalah  pentransferan  makna  di  antara  anggota  kelompok Lewat  pentrasferan  makna,  informasi  dan  gagasan  dapat  dihantarkan.  Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar menanamkan makna  tetapi  juga harus dapat dipahami.

Rumusan  ilmiah  tersebut  di  atas  barangkali  tidak mudah  dicerna. Definisi  atau batasan  komunikasi  yang  lebih merakyat  dan mudah  dipahami  adalah  seperti
yang dikemukakan oleh Masrini (Pelajaran Bahasa Prancis untuk Pemula, 2003) dalam bahasa Betawi sebagai berikut: “gua ngomong  lu ngarti,  lu ngomong gua ngarti.” Atau, dalam ragam tulis akan berbunyi sebagai berikut.  



Komunikasi terjadi jika saya berbicara, Anda mengerti, dan sebaliknya
jika Anda yang berbicara, saya mengerti.


Jika  Anda  berbicara  sedangkan  mitra  bicara  Anda  tidak  mengerti,  atau
sebaliknya, maka komunikasi belum terjadi.
Beberapa fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut.

  • Sebagai  informasi:  komunikasi  membantu  proses  penyampaian  informasi yang diperlukan  individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
  • Sebagai  kendali:  komunikasi  bertindak  untuk  mengendalikan  perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi mempunyai wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.
  • Sebagai  motivasi:  komunikasi  membantu  perkembangan  motivasi  dengan menjelaskan  kepada  para  karyawan  apa  yang  harus  dilakukan  bagaimana mereka  bekerja  baik  dan  apa  yang  dapat  dikerjakan  untuk  memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.
  • Sebagai  pengungkapan  emosional:  bagi  sebagian  komunitas,  mereka memerlukan  interaksi sosial, komunikasi yang  terjadi di dalam komunitas  itu merupakan  cara  anggota  untuk  menunjukkan  kekecewaan  dan  rasa puas.Oleh  karena  itu,  komunikasi  menyiarkan  ungkapan  emosional  dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
14 Oktober 2016 08.35 delete

komunikasi sangat penting dalam kehidupan terutama dalam bersosialisasi dan bermasyarakat

Reply
avatar