'Review' BlackBerry Z10


BlackBerryBlackBerry Z10


 Pembaruan total! BlackBerry terlahir kembali ke dunia! Itulah kesan pertama ketika KompasTekno menggenggam ponsel BlackBerry Z10 yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry 10.

Z10 adalah sesuatu yang radikal jika berkaca dari lini produk BlackBerry sebelumnya. Ia jauh lebih baik, lebih modern, dan lebih intuitif. Anda akan mendapat pengalaman yang benar-benar baru.

Desain

Apakah Anda berpikir bentuk Z10 menyerupai iPhone? Sudut membulat, ada ruang di bagian depan atas dan bawah yang mengapit layar. Namun, sama sekali tak ada tombol di bagian depannya.

Ada logo dan teks BlackBerry di bawah layar. BlackBerry menempatkan tombol power dan jack audio 3,5 mm di sisi atas. Penempatan tombol power ini kurang memberi rasa nyaman. Jari agak sulit menjangkau jika ingin membuka layar yang terkunci. Alangkah baiknya jika tombol itu ditempatkan di pojok kanan atas, atau di samping kanan. 
Oik Yusuf/KompasTeknoBagian bawah dan atas BlackBerry Z10


Di samping kanan ada tombol Voice Control yang diapit tombol pengatur volume. Sementara itu, di samping kiri terdapat MicroUSB dan MicroHDMI.
Oik Yusuf/KompasTeknoSisi kiri dan kanan BlackBerry Z10


Di bagian belakang terdapat logo BlackBerry yang tersohor. Panel belakangnya terbuat dari bahan plastik, yang telah diselimuti materi khusus bergestur, tetapi sangat lembut. Ini terasa nyaman dan mantap di genggaman.

Ketebalannya pas, demikian juga layar seluas 4,2 inci yang terasa ideal. Dari pengalamanKompasTekno, satu ibu jari orang dewasa dapat meraih seluruh sudut layar.

Namun, secara keseluruhan, desain Z10 terbilang tidak mengejutkan. Ponsel ini tidak menyedot perhatian, yang membuat mata orang-orang di sekeliling Anda akan terpusat kepadanya. Warna hitam pekat membuatnya biasa saja. Mungkin, tampang BlackBerry Z10 warna putih lebih sedap dipandang.

Performa baru dan layar kinclong
Jika dianalogikan sebagai mobil, sistem operasi BlackBerry 10 yang ada dalam Z10 adalah mobil yang didesain ulang, mulai dari bagian kerangka, mesin, interior, hingga bagian body-nya. BlackBerry 10 bukan sekadar mobil dengan desain body baru yang dilapisi dengan cat baru.

Ia adalah sistem operasi yang benar-benar baru. Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry versi OS 7 dan di bawahnya, BlackBerry 10 dibangun di atas inti program (kernel) QNX. Anda tak akan menemukan lagi simbol loading jam pasir. Anda juga tak perlu lagi melakukan "ritual" cabut baterai. BlackBerry 10 hadir dengan performa yang mulus dan gegas.

Kinerjanya ditopang oleh prosesor dual-core 1,5 GHz Krait dari Qualcomm MSM8960 Snapdragon dan RAM 2 GB. 
Oik Yusuf/KompasTeknoBagian depan dan belakang BlackBerry Z10


Layar 4,2 inci beresolusi 1.280 x 768 piksel, dan kerapatan piksel 356 piksel per inci (ppi), membuat tampilannya memukau. Terlebih lagi dengan dukungan unit pemroses grafis Adreno 225, reproduksi warna menjadi bagus, jelas, dan responsif.

Ia adalah salah satu layar ternyaman untuk membaca yang ditemui KompasTekno. Mata Anda tak akan terasa "sakit" sekalipun kecerahan layar diatur pada tingkat tertinggi.

Tampilan baru

Identitas ikon dan menu tak berubah secara signifikan, masih ada sisa warisan dari BlackBerry lawas. Bagi Anda pencinta produk BlackBerry, pasti akan cepat mempelajari sistem operasi BlackBerry 10. Begitu juga dengan Anda pencinta Android dan iPhone.

Dalam posisi layar terkunci, sapu jari Anda dari bawah hingga ke atas layar untuk membuka dan masuk ke halaman Home. Navigasikan jari Anda ke kanan dan kiri untuk menemukan aplikasi atau menu yang ingin dijelajahi.

Jika Anda terus-menerus menyapu jari ke kanan, Anda akan bertemu dengan BlackBerry Hub, sebuah area notifikasi terpadu yang berfungsi untuk sebagai kotak masuk pesan teks, BBM, e-mail, panggilan telepon, dan sebagainya.

Anda juga akan menemukan sebuah halaman yang menjadi pusat kumpulan aplikasi yang terbuka sebelumnya dan berjalan di background. Ikon aplikasi yang berjalan di backgroud itu berbentuk persegi panjang. Fitur ini menawarkan kemudahan multi-tasking, yang membuat Anda dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Solusi ini ditawarkan juga oleh sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone.

Jika menyapu layar dari atas ke bawah, maka Anda akan bertemu dengan menu Settings, Bluetooth, Alarm, Rotation Lock, Wi-Fi, dan Notifications. Semua itu adalah kumpulan menu yang paling sering dibuka.

Browsing internet cepat

BlackBerry 10 telah dibekali aplikasi peramban (browser) bawaan. Kinerja browser ini terbilang cepat. Sangat memuaskan! Ia merespons secara gegas navigasi jari mencubit untuk zoom in dan zoom out.

Browser ini jauh lebih baik ketimbang BlackBerry lawas yang miskin fitur dan "lemot" yang mungkin membuat Anda jengkel.
Oik Yusuf/KompasTeknoMenjelajah internet di BlackBerry Z10


Kolom alamat situs nya berada di bagian bawah layar. Penempatan ini membuat tampilan halaman situs terasa lebih luas. KompasTekno menyenangi hal ini. Ia tampak seperti browser Internet Explorer terkini di Windows Phone 8 dan Windows 8.

Yang unik dari browser BlackBerry 10, Anda dimungkinkan mengatur dalam modus Reader yang hanya menampilkan teks dan sedikit gambar untuk memuat halaman situs. Modus Reader ini menggunakan teknologi kompresi yang mengirit penggunaan bandwidht internet. Bagi Anda yang berlangganan data internet dengan kuota kecil, mungkin akan menyukainya.

Perlu diketahui, kinerja browser dipengaruhi oleh komponen perangkat keras pada ponsel, terutama prosesor.

KompasTekno akan menayangkan artikel ulasan BlackBerry Z10. Kami akan menjelaskan secara rinci kelebihan-kekurangannya, serta fitur terbaru dan unggulan dari ponsel ini. Pastikan Anda terus memantau dengan mengakses:
sumber : tekno.kompas.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »