06 September 2017

Ruang Lingkup Penilaian SMK


Penilaian pendidikan  merupakan  proses pengumpulan  dan  pengolahan  informasi  untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup : penilaian kinerja, penilaian diri, penilaian  berbasis  portofolio,  penilaian  harian,  penilaian  tengah  semester,  penilaian  akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, ujian sekolah berstandar nasional, dan ujian sekolah/madrasah. Adapun beberapa pengertian pada penilaian Pendidikan Menengah Kejuruan, secara umum dapat diuraikan sebagai berikut :
1. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria minimum mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip,  instrumen,  bentuk,  mekanisme,  prosedur,  dan  pelaporan  penilaian  hasil  belajar peserta didik pada PMK.
2. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur
capaian hasil belajar peserta didik.
3.Pembelajaran  adalah  proses  interaksi  antar  peserta  didik,  antara  peserta  didik  dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
4. Penilaian   pembelajaran   adalah   kegiatan   untuk   mengetahui   proses   dan   kemajuan pembelajaran secara berkesinambungan.
5. Penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, dan keluaran (output) pembelajaran.
6. Penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapakan.
7. Penilaian  berbasis  portofolio  merupakan  penilaian  yang  dilaksanakan  untuk  menilai keseluruhan entitas proses belajar peserta didik termasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di dalam dan/atau di luar kelas khususnya pada sikap/perilaku dan keterampilan.
8. Penilaian Harian (PH) merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.
9. Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untukmengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 - 9  minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian tengah semester mepiluti seluruh indikator yag merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.

10. Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur  pencapaian  kompetensi  peserta  didik  diakhir  semester.  Cakupan  penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

11. Ujian Tingkat Kompetensi (UTK) merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh satuan  pendidikan untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan  UT meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkatkompetensi tersebut.

12.  Ujian Mutu Tingkat Kompetensi (UMTK) merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh  pemerintah  untuk  mengetahui  pencapaian  tingkat  kompetensi.  Cakupan  UMTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.

13.  Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  (USBN)  merupakan  kegiatan  pengukuran  capaian kompetensi  peserta  didik  yang  dilakukan  oleh  satuan  pendidikan  untuk  mata  pelajaran tertentu  dengan  mengacu  pada  Standar  Kompetensi  Lulusan  untuk  untuk  memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

14. Ujian  Sekolah  (US)  merupakan  kegiatan  pengukuran  dan  penilaian  kompetensi  peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam USBN dilakukan oleh satuan pendidikan.

15.  Ujian Nasional  (UN)  merupakan  kegiatan  pengukuran  capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

16.  Ujian Unit Kompetensi yang selanjutnya disebut UUK  adalah   penilaian   terhadap pencapaian  satu  atau  beberapa  unit  kompetensi  yang  dapat  membentuk  1  Skema
Sertifikasi Profesi yang dilaksanakan setiap tahun oleh satuan pendidikan terakreditasi.

17. Unit Kompetensi terdiri atas beberapa Kompetensi Dasar (KD) untuk mencapai kemampuan melaksanakan satu bidang pekerjaan spesifik.

18.  Skema   Sertifikasi   Profesi   terdiri   atas   beberapa   Unit   Kompetensi   merupakan paket kompetensi sebagai persyaratan spesifik yang berkaitan dengan kategori profesi tertentu.

19.  Ijazah adalah pengakuan terhadap prestasi dan penyelesaian belajar peserta didik setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan terakreditasi.

20.  Paspor Keterampilan (Skill Passport) adalah dokumen rekaman pengakuan atas kompetensi yang telah dicapai oleh peserta didik.

21.  Ujian  Kompetensi  Keahlian  yang  selanjutnya  disebut  UKK  adalah  penilaian  terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI yang dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSPP1) atau satuan
pendidikan terakreditasi bersama DUDI dengan memperhatikan paspor keterampilan.

22.  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  yang  selanjutnya  disebut  KKM  adalah  kriteria  ketuntasan belajar untuk mata pelajaran muatan umum ditentukan oleh satuan pendidikan  dan mata pelajaran  muatan  kejuruan  ditentukan  oleh  satuan  pendidikan  bersama  dengan  DUDI dan/atau lembaga terkait.

23.  Keterampilan  teknis  (technical  skills)  adalah  kemampuan  melakukan  pekerjaan  sesuai dengan mekanisme, prosedur, cara, serta penerapan Keselamatan dan Kesehatan 
Kerja (K3) sesuai bidang kerjanya.

24.  Keterampilan   kebekerjaan   (employability   skills)   adalah   kemampuan   individu   untuk menyesuaikan diri dengan iklim kerja di DUDI.

25.  Laboratorium  atau  sejenisnya  adalah  tempat  kegiatan  pembelajaran  melalui  eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu teori.

26.  Bengkel kerja atau sejenisnya adalah tempat kegiatan pembelajaran praktik yang 
bertujuan untuk menerapkan teori pada proses kerja untuk menghasilkan produk.

27. Tempat Uji Kompetensi yang selanjutnya disebut TUK adalah tempat kerja / tempat
praktik satuan pendidikan yang memenuhi persyaratan untuk pelaksanaan uji kompet
ensi oleh satuan pendidikan terakreditasi dan/atau LSP.

28.  Teaching factory adalah bentuk pembelajaran berbasis produksi/ layanan jasa yang mengacu pada  standar  dan  prosedur  kerja  baku  yang  dilaksanakan  di  satuan  pendidikan  dalam suasana dan budaya industri.
29.  Technopark adalah  kawasan   yang   menampung   fasilitas   pendidikan,   penelitian,   dan pengembangan serta inkubasi yang mempersiapkan suatu temuan (invensi) menjadi produk.
30.  Praktik Kerja Lapangan yang selanjutnya disebut PKL adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di  DUDI  dan/atau  lapangan  kerja  lain  untuk  penerapan,  pemantapan,dan peningkatan kompetensi.

31. Pendidikan Sistem Ganda (Dual System Education) yang selanjutnya disebut PSG adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kejuruan secara sistematik dan terpadu antara program pendidikan di sekolah dan program pelatihan di DUDI.

32.  Rekognisi  Pembelajaran  Lampau  atau  Recognition  of  Prior  Learning  yang  selanjutnya disebut RPL adalah pengakuan atas capaian pembelajaran peserta didik yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke 
dalam pendidikan formal.