KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Semua Bidang
Keahlian
Program
Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Semua Kompetensi Keahlian
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional
dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menerapkan teknik dasar salah
satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik
|
4.1 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas
olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
12
|
3.2
Menerapkan teknik dasar salah
satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi
gerak
|
4.2 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas
olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
10
|
3.3
Menerapkan salah satu
keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.3 Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
8
|
3.4
Menerapkan salah satu
keterampilan aktifitas olahraga beladiri
untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.4
Mempraktikan
salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
8
|
3.5
Menerapkan latihan pengukuran komponen kebugaran jasmani
untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan)
menggunakan instrumen terstandar
|
4.5 Mempraktikan latihan pengukuran komponen kebugaran jasmani
untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan)
menggunakan instrumen terstandar
|
8
|
3.6
Menerapkan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas
olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.6 Mempraktikan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas
olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.7
Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas
olahraga senam ritmik untuk menghasilkan
koordinasi yang baik
|
4.7
Mempraktikan
hasil analisis gerakan rangkaian aktifitas
olahraga senam ritmik untuk menghasilkan
koordinasi yang baik
|
6
|
3.8
Menerapkan keterampilan salah
satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
|
4.8 Mempraktikan keterampilan salah satu gaya renang
pada aktifitas olahraga air*
|
8
|
3.9
Membiasakan cara penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
4.9 Mempresentasikan cara penerapan budaya hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
6
|
3.10 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
4.10 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas
olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
12
|
3.11 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk
menghasilkan koordinasi gerak
|
4.11 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas
olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
10
|
3.12 Menganalisis salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak
yang efektif
|
4.12 Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas
atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
8
|
3.13
Menganalisis salah satu
keterampilan aktifitas olahraga beladiri
untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.13 Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas
olahraga beladiri untuk menghasilkan
gerak yang efektif
|
8
|
3.14 Menganalisis latihan pengukuran komponen
kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
4.14 Mempraktikan latihan pengukuran komponen kebugaran jasmani
untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan)
menggunakan instrumen terstandar
|
8
|
3.15 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan
koordinasi yang baik
|
4.15 Mempraktikan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas
olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.16
Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas
olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi
yang baik
|
4.16 Mempraktikan hasil analisis gerakan rangkaian
aktifitas olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.17 Menganalisis keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
|
4.17 Mempraktikan keterampilan salah satu gaya renang
pada aktifitas olahraga air*
|
8
|
3.18 Mengevaluasi cara penerapan budaya hidup sehat
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.18 Mempresentasikan penyelesaian masalah cara
penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
6
|
Jumlah
|
144 JP
|