30 August 2017

KI KD Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMK Tahun 2017


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                   : Semua Bidang Keahlian
Program Keahlian                 : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian            : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1     Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.1     Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
12
3.2     Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.2     Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
10
3.3     Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.3     Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.4     Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri  untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.4     Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri  untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.5     Menerapkan latihan   pengukuran komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
4.5     Mempraktikan latihan   pengukuran komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
8
3.6     Menerapkan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.6     Mempraktikan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.7     Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.7     Mempraktikan hasil analisis gerakan rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.8     Menerapkan keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
4.8     Mempraktikan keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
8
3.9     Membiasakan cara penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
4.9     Mempresentasikan cara penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
6
3.10 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.10 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
12
3.11 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.11 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
10
3.12 Menganalisis salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.12 Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.13 Menganalisis salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri  untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.13 Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri  untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.14 Menganalisis latihan   pengukuran komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
4.14 Mempraktikan latihan   pengukuran komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
8
3.15 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.15 Mempraktikan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.16 Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.16 Mempraktikan hasil analisis gerakan rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.17 Menganalisis keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
4.17 Mempraktikan keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
8
3.18 Mengevaluasi cara penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
4.18 Mempresentasikan penyelesaian masalah cara penerapan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
6
Jumlah
144 JP