30 October 2016

Taman Makam Pahlawan di Gresik


            Bulan Agustus identik dengan nuansa kemerdekaan Republik Indonesia. Karena itu, kami sajikan sederet lokasi tempat para pahlawan kita dimakamkan. Lokasi ini biasa disebut taman makam pahlawan.

            Nyatanya, hampir setiap kecamatan mempunyai Taman Makam Pahlawan. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak tahu tentang hal tersebut. Kalau pun tahu, kita cuek bebek karena menganggap hal yang sepele. Jadi, inilah sebagian deret makam pahlawan yang ada di Gresik. Selamat membaca... 
TMP Pusponegoro

Taman Makam Pahlawan ini berada di Jalan Pahlawan tepat di depan terminal makam sunan malik ibrahim. Disini terdapat makam para pahlawan veteran kemerdekaan ’45 dan bupati pertama yang bernama R.T.Poesponegoro. Pada hari besar nasional tertentu sering dilaksanankan upacara karena kondisi tempat yang sangat mendukung yaitu terdapat lapangan yang cukup luas dan kebersihannya pun sangat terjaga. Tidak sembarang orang yang boleh memasuki taman makam pahlawan ini, harus izin terlebih dahulu pada pihak penjaga.

TMP Usman Sadar

Ketika Agresi Militer Belanda pada 4 Agustus 1947, ada salah seorang pasukan dari Laskar Hisbullah pimpinan Maskoen Asjari, dia adalah Muhammad Oesman yang bertindak sebagai kepala seksi dari Laskar Hisbullah menyerang Tank Belanda dengan cara menaikinya dan meledakkannya dengan menggunakan Hand Granat pada pertempuran di Jalan Karang Turi, beliaupun mati syahid pada 13 April 1947. Sekarang nama Jalan Karang Turi diubah namanya menjadi Jalan Usman Sadar. Jasad beliau dikuburkan di sekitar Makam Dalem Karangpoh Kulon. Namun sangat disayangkan kondisi makamnya saat ini kurang terawat, banyak cucian masyarakat yang dijemur disekitar makam yang menimbulkan kesan kumuh. Rincian tempatnya adalah masuk ke Jalan Usman Sadar gang ke-5 (dari perempatan Pasar Gresik gang ke-3 masuk ke arah timur) kemudian lurus ada gang kecil di sisi kanan makam mbah sindujoyo di situlah tempatnya. 

Taman Makam Pahlawan Kec. Cerme

Taman makam pahlawan berikut terletak di Dsn. Panggang Ds. Cagak Agung Kec. Cerme. Terdapat 25 makam pahlawan yang dikebumikan di taman ini. Diantara sekian banyak Pahlawan Veteran yang dimakamkan disini, adapula makam pahlawan tak dikenal. TMP ini cukup terawat, bersih, dan tak menimbulkan kesan seram atau mencekam. Di bulan kemerdekaan TMP akan dilaksanakan acara renungan maupun nyekar. Jika kalian ingin mengunjungi TMP Cerme, silahkan datang ke lokasi tersebut. Lokasinya cukup strategis. Ingat teman, Bangsa yang besar ialah Bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. 

TMP Kusuma Bangsa Sunan Giri

            Inilah taman makam pahlawan yang paling menonjol di Gresik. Selain lokasinya yang strategis (berada di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo), makam para pahlawan – yang mayoritas adalah prajurit/laskar/pejuang pada zaman perjuangan kerajaan Giri melawan penjajah ini juga sangat terawat dan asri. Ada nuansa mistik dan sakral di lokasi tersebut. Selain itu, TMP ini dilengkapi dengan monumen bambu runcing yang kokoh dengan areal taman yang cukup luas.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Metatu

Lokasi tempat dimakamkannya para pejuang di sekitar Metatu iniberada di sebelah makam umum Ds. Purworejo ini terdapat 9 makam pahlawan. Setiap hari pahlawan lebih tepatnya tanggal 10 November, masyarakat sekitar mengadakan acara “Tabur Bunga” untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut. Meskipun ada acara tersebut masyarakat sekitar juga kurang sadar akan adanya kebersihan makam, sehingga kondisi makam pahlawan ini belum bisa dikatakan bersih.  

Taman makam pahlawan Kedamean

Taman makam pahlawan yang satu ini terletak di Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik. Diresmikan pada tanggal 24 April 2008 oleh HM. Soetjipto Kertodjojo (Brigjen Purn. TNI). Terdiri dari 18 makam dan merupakan makam dari para pejuang kemerdekaan tidak dikenal kesatuan Hisbullah Jombang yang gugur pada bulan Ramadhan tahun 1946. Makam ini dikelilingi pagar berkeramik hijau dengan tinggi ± 1 meter dan di dalamnya juga terdapat sebuah tiang bendera, 2 buah prasasti peresmian makam, dan sebuah papan berkeramik merah dengan tiang berkeramik putih yang melambangkan bendera negara kita. Didalamnya tertera puisi dengan judul “Istana Merah Putih Sejati” yang menyiratkan pesan agar kita tidak melupakan dan senantiasa menghargai jasa para pahlawan kita.

Taman Makam Pahlawan (TMP) Menganti


            Ini adalah Taman Makam Pahlawan (TMP) yang ada di kabupaten Gresik bagian selatan yaitu kecamatan Menganti. Bagi kalian yang beralamat di lingkup Menganti pasti sudah mengerti tempat bersejarah ini. TMP ini berlokasi di Jalan raya Sidomulyo Menganti tepatnya di sebelah selatan jalan. Sebagai salah satu tempat bersejarah, TMP dengan 32 makam ini selalu dijaga kebersihannya setiap seminggu sekali oleh salah satu perangkat desa setempat atau yang akrab dengan sebutan Pak Mudin. Oleh karena itu, tempat ini tidak kotor dan tidak nampak suram seperti TPU pada umumnya. Sekian semoga sedikit informasi ini bisa menambah wawasan dan membuat kita lebih mengenali situs sejarah khususnya di wilayah Gresik.