30 August 2017

KI KD Fisika SMK (TIK) Tahun 2017


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                   : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian                 : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian            : Semua Kompetensi Keahlian
 Mata Pelajaran                      : FISIKA
                                                                             

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Fisika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Fisika. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1      Menerapkan konsep besaran pokok, besaran turunan, dan satuan dalam pengukuran

4.1  Menyaji hasil pengukuran besaran fisis menggunakan alat ukur dan teknik yang tepat

9
3.2      Menggunakan konsep usaha, energi, daya dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari.

4.2  Melakukan percobaan untuk menentukan usaha pesawat sederhana

9
3.3      Menganalisis sifat elastisitas bahan
4.3  Menyajikan hasil percobaan tentang elastisitas benda
9
3.4      Menganalisis hubungan antara getaran dan gelombang serta besaran-besaran nya yang terkait
4.4  Mendemonstrasikan fenomena gelombang dengan peralatan sederhana

15
3.5      Menganalisis optik fisis dan geometri
4.5  Menyajikan hasil percobaan tentang optik fisis / geometri
12
3.6      Mengevaluasi proses pemuaian, perubahan wujud zat dan perpindahan kalor

4.6  Menyaji hasil penyelidikan mengenai perpindahan kalor menggunakan azas black



9
3.7      Menganalisis konsep listrik statis dalam bidang teknologi  informasi dan komunikasi

4.7  Mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan oleh listrik statis pada komponen-komponen teknologi informasi dan komunikasi
12
3.8      Menerapkan hukum-hukum kelistrikan arus searah

4.8  Menyajikan hasil percobaan hukum-hukum kelistrikan arus searah
12
3.9      Menerapkan konsep kemagnetan dan elektromagnet
4.9  Menyajikan hasil percobaan tentang medan magnet dan induksi magnet
15
3.10      Mengevaluasi dampak radiasi elektromagnetik secara kualitatif
4.10  Membuat karya tulis tentang dampak radiasi elektromagnetik
6
Jumlah
108