KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program
Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan,
pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja _________________________________(diisi Nama Mapel)pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja __________________________
___________________(diisi Nama Mapel).
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU (JP)
|
3.1
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja.(Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.1
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
6
|
3.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.2
Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
|
6
|
3.3
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya
di dunia kerja. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
|
4.3
Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
6
|
3.4
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait
orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.4. Teks deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait orang, benda dan
tempat.
4.4.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
terkait orang, benda dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.5
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5
Teks Pemberitahuan (Announcement)
4.5.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk
pemberitahuan (announcement), lisan
dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.6
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
4.6
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/
kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.7
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.7
Teks Recount
– peristiwa/pengalaman
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks recount
lisan dan tulis terkait peristiwa/pengalaman di tempat kerja.
4.7.2
Menyusun teks recount lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman
di tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.8
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat
|
9
|
3.9
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan should, can)
|
4.9
Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.10
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait
kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.10 Teks Surat Pribadi
4.10.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri
sendiri dan orang sekitarnya
4.10.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri
dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.11
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.11 Teks memo, menu, schedule dan signs.
4.11.1Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs.
4.11.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
12
|
3.12
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan kata sifat
sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
|
4.12 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan member dan meminta informasi terkait
perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
|
|
|
3.13
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi tentang petunjuk arah (direction)
sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.13 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi tentang petunjuk arah (direction)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks di dunia kerja.
|
9
|
3.14
Menerapkan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple
routine tasks) sesuai dengan konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.14 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
9
|
3.15
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana lewat telephone (taking simple phone message) sesuai
dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.15 Taking phone message
4.15.1Menangkap makna secara kontekstual pesan sederhana lewat telephone
terkait tempat kerja.
4.15.2Mencatat teks pesan sederhana lewat telephone terkait tempat kerja
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara
benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
12
|
3.16
Membedakan
fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.16 Teks biografi tokoh
4.16.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks biografi tokoh lisan dan tulis
4.16.2Menyusun
teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.17
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.17 Teks eksposisi analitis
4.17.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks eksposisi analitis lisan
dan tulis, terkait isu aktual
4.17.2Menyusun
teks eksposisi analitis tulis,
terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.18
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan passive voice)
|
4.18 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu
menyebutkan pelakunya dalam teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
12 JP
|
3.19
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan because of ..., due to ...,
thanks to ...)
|
4.19 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan
sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
9
|
3.20
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau sosial yang tercakup
dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.20 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait gejala alam atau sosial yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di
kelas XI
|
12
|
3.21
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.21 Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dalam
konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
12
|
|
|
|
3.22
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.22 Menyusun teks interaksi transaksional tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penulisan laporan
sederhana dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.23
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report
presentation)
|
4.23 Menyusun teks interaksi transaksional lisan yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait penyajian laporan
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.24
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan May I help you?, What can I
do for you? What if ...?)
|
4.24 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, dan menanggapinya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
4
|
3.25
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait manual
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips),
pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya
|
4.25 Teks Prosedur
4.25.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait
penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)
4.25.2Menyusun
teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan
teknologi dan kiat-kiat (tips),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.26
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.26 Surat Lamaran Kerja
4.26.1Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi nsure, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja
4.26.2
Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara
lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.27
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan
sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.27 Teks Undangan Resmi
4.27.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk
undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.27.2
Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait
kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.28
Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.28 Menangkap makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks news items lisan dan tulis, dalam bentuk berita sederhana
koran/radio/TV
|
6
|
3.29
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
bidang keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)
|
4.29 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.30
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
|
4.30 Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan
tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
6
|
Jumlah
|
256
|