30 August 2017

KI KD Bahasa Indonesia SMK Tahun 2017



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                   : Seluruh Bidang Keahlian
Program Keahlian                 : Seluruh Program Keahlian
Kompetensi Keahlian            : Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
(JP)
3.1      Memahami laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
4.1    Menyajikan isi teks (intisari) laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis
8
3.2      Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.2     Mengonstruksikan teks laporan observasi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis
8
3.3      Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
4.3     Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
8
3.4      Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.4     Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
8
3.5      Menganalisis teks anekdot dari aspek makna tersirat
4.5     Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis
8
3.6      Mengevaluasi struktur dan kebahasaan teks anekdot
4.6     Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
8
3.7      Mendeskripsikan nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis
4.7     Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca
8
3.8      Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen
4.8     Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai
8
3.9      Menguraikan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
4.9     Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
8
3.10   Menganalisis  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi  berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis
8
3.11   Mengevaluasi  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.11 Mengonstruksikan teks  negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan
8
3.12   Menganalisis permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan esensi dari debat
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat
8
3.13   Menganalisis  isi debat berkaitan dengan bidang pekerjaan (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan )
4.13 Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat berkaitan dengan bidang pekerjaan
8
3.14   Menganalisis butir-butir penting yang dapat diteladani dari teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.14 Menyajikan hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca secara tertulis
8
3.15   Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.15 Membuat teks biografi berkaitan dengan bidang pekerjaan baik lisan maupun tulis
8
3.16   Menganalisis suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca
4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
8
3.17   Menganalisis  unsur pembangun puisi
4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan)
8
3.18   Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca
4.18 Menyajikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi
8



3.19   Menganalisis informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.19 Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis
6
3.20   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.20 Mengembangkan teks prosedur berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
6
3.21   Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis
4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan tulis
6
3.22   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks  eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.22 Memproduksi teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
6
3.23   Menganalisis informasi berupa permasalahan aktual yang disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.23 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan aktual sebagai bahan untuk disajikan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
6
3.24   Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.24 Mengonstruksi ceramah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan menggunakan struktur yang tepat
6
3.25   Mendeskripsikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
4.25 Menyajikan butir-butir penting dari satu buku pengayaan  (nonfiksi) berkaitan dengan bidang pekerjaan
6
3.26   Menemukan  butir-butir penting dari dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
4.26  Menyajikan persamaan dan perbedaan isi dua buku pengayaan berkaitan dengan bidang pekerjaan (nonfiksi) yang dibaca
6
3.27   Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
4.27 Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
6
3.28   Mendeskripsikan informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan  atau penelitian berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.28 Melengkapi informasi dalam proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan  supaya lebih efektif
6
3.29   Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.29 Merancang sebuah proposal karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
6
3.30   Menganalisis informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
4.30 Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
6
3.31   Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.31 Mengonstruksi sebuah karya ilmiah berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan
6
3.32   Membandingkan isi berbagai resensi berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menemukan sistematika sebuah resensi
4.32 Menyajikan isi sebuah resensi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
6
3.33   Menganalisis kebahasaan resensi dalam kumpulan cerpen atau novel setidaknya dua karya yang berbeda
4.33 Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku  kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
6
3.34   Menganalisis alur cerita, babak demi babak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau ditonton
4.34 Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
6
3.35   Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
4.35 Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
6
3.36   Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
4.36 Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian
6



3.37   Mendeskripsikan isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
4.37 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
6
3.38   Menganalisis unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
4.38 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
6
3.39   Menganalisis informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
4.39 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
8
3.40   Menganalisis kebahasaan  cerita atau novel sejarah
4.40 Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan
8
3.41   Mendeskripsikan informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.41 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
6
3.42   Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks editorial berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.42 Merancang teks editorial berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
8
3.43   Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
4.43 Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
8
3.44   Menganalisis isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
4.44 Mengonstruksi makna dan tujuan isi teks iklan sesuai bidang pekerjaan
6
3.45   Menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks iklan sesuai bidang pekerjaan
4.45 Menyusun teks iklan  sesuai bidang pekerjaan dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
8
3.46   Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan yang dibaca
4.46 Menyusun opini dalam bentuk artikel berkaitan dengan bidang pekerjaan
8
3.47   Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.47 Mengonstruksi sebuah artikel berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
8
3.48   Mendeskripsikan isi dan sistematika surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.48 Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat dinas berkaitan dengan bidang pekerjaan baik secara lisan maupun tulis
6
3.49   Menganalisis unsur kebahasaan surat dinas yang sesuai bidang pekerjaan
4.49 Menyusun surat dinas yang berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
8
3.50   Menganalisis nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
4.50 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
8
Jumlah
354