23 November 2016

PEMIMPIN SOSIAL DAN POLITIK TIDAK HARUS MEMPUNYAI PENDIDIKAN FORMAL YANG TINGGI



Betul bahwa pendidikan formal memberikan banyak manfaat kepada para calon pemimpin atau calon orang terkemuka, tetapi pelajaran yang mereka peroleh dari pendidikan formal tidak selalu dapat diterapkan dimasyarakat tempat mereka menjadi pemimpin atau jadi orang terkenal dikemudian hari.




Kenyataan bahwa disekolah dan di perguruan tinggi, orang hanya ”mempelajari” teori, sedangkan dimasyarakat, orang betul betul belajar untuk hidup melalui beraneka ragam pengalaman.
Pengalaman semacam inilah yang menghasilkan orang orang terkemuka, termasuk pemimpin sosial dan politik. Orang orang terkemuka dan pemimpin pemimpin itu lahir dari hal hal yang mereka pelajari dimasyarakat.

Sudah diketahui oleh semua orang bahwa pendidikan formal itu penting. Akan tetapi, apakah seseorang akan menjadi pemimpin sosial atau pemimpin politik yang bagus pada kemudian hari tidak selalu ditentukan oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa pengalaman juga menjadi faktor penentu untuk menuju kesuskesan.

Dengan demikian, jelaslah melalui pendidikan formal orang hanya mermpelajari cara belajar, bukan cara menjalani hidup meskipun pendidikan formal diperlukan, pendidikan formal bukan satu satunya jalan yang dapat ditempuh oleh setiap orang untuk menuju puncak kesuksesanya.

Sekedar menyebut contoh orang terkemuka atau pemimpin sosial dan politik, kita dapat menun jukkan beberapa nama. Alm adam malik, konon ia hanya menyelesaikan jenjang pendidikan dasar tertentu, diangkat menjadi wakil presiden Indonesia bukan karena pendidikan formalnya, melainkan karena kapasitas yang ia dapatkan dari belajar secara otodidak. Alm hamka adalah contoh pemimpin yang lahir dari caranya belajar sendiri. Ia juga menjadi pemimpin agama dan sastrawan terkenal sekaligus karena pengalaman belajar pribadinya, bukan karena pendidikan formalnya yang tinggi. Bahkan, Einstein tidak mempunyai reputasi pendidikan formal yang bagus, tetapi melalui usahanya untuk belajar dan melakukan penelitian sendiri dimasyarakat, ia terbukti menjadi ahli fisika yang sangat termasyhur didunia.