20 November 2016

Asal Usul Desa Balongmojo, Benjeng


Desa ini bernama Balongmojo. Desa yang masuk wilayah kec. Benjeng ini termasuk satu dari desa di Benjeng yang cukup besar, terutama jika dilihat dari jumlah dusun di dalamnya.
Balongmojo berasal dari kata “balong” yang berarti kolam, dan “mojo” adalah nama pohon yang buahnya berasa pahit. Di tempat ini dahulu kala terdapat banyak pohon mojo disekitar balong atau kolam. Sehingga wilayah ini dikenal dengan nama Desa Balongmojo. Desa ini disebut sebagai tempat penampungan air, sampai sekarang di Desa Balongmojo tidak pernah kekurangan air. Bahkan menjadi tempat jujugan desa tetangga untuk ngangsu (mengambil air) saat musim kemarau, karena sumber air di desa masing-masing mengering.
Di desa tersebut ada wilayah yang disebut Dusun Balongmojo Krajan. Itulah nama dusun yang saya cuplik karena itu adalah dusun saya. Nama krajan dimungkinkan memiliki kesamaan dengan kata kerajaan. Krajan umumnya adalah sebagai pusat pemerintahan. Walaupun belum pernah ditemukan benda purbakala di desa ini, yang menunjukkan dahulu sebagai kerajaan.
Yang unik, sebanyak 5 dusun memiliki nama Balongmojo, yaitu Balongmojo Krajan, Balongmojo Sawahan dan Balongmojo Kulon. Sedangkan dua dusun lainnya Balongmojo Kidul dan Balongmojo kepuh di wilayah Desa Balongtunjung. Dusun Balongmojo Krajan, memiliki tempat keramat di telaga sebelah SD Negeri Balongmojo. Dahulu kala menjadi tempat keramat bagi warga dan dikenal dengan Tlogo Jati.
Pada masa pemerintahan lurah Maeran, rumah penduduk sudah cukup banyak tetapi lokasinya terpencar. Kemudian lurah Maeran menata rumah agar saling berdekatan dan berkelompok. Setelah pemukiman sudah berkelompok, jalan kampung sudah baik, kebijakan berikutnya pembuatan pagar rumah. Bagi warga yang mendapat arisan kampung (sepen) diharuskan membuat pagar depan rumah, tradisi ini sampai sekarang masih dijaga dengan baik. Hasilnya bisa kita lihat dan bandingkan dengan desa-desa lainnya, desa Balongmojo penataan kampung lebih rapi.

Desa Balongmojo dalam berbagai kesempatan, termasuk salah satu desa terbaik di kawasan Benjeng. Sering mewakili kecamatan dalam berbagai lomba di tingkat Kabupaten Gresik.