26 October 2016

Asal Usul Desa Randu Agung Kebomas Gresik

Pohon Randu yang Agung (Besar)
Desa yang terletak di kecamatan kebomas dan di kabupaten gresik ini mempunyai asal-usul yang cukup sedikit membuat hati kita dag dig dug. RANDUAGUNG terdapat 2 suku kata yaitu Randu dan Agung, Randu adalah nama Tanaman yang berbuah dan buahnya dapat di manfaatkan sebagai isi dari bantal, atau sering di sebut pohon kapuk. Sedangkan Agung dalam kamus besar bahasa Indonesia memilki arti besar, maka dapat di artikan pohon randu yang besar.

Sebelum dijadikan perkampungan oleh warga sekitar konon katanya pohon ini mempunyai batang yang amat besar dan sedikit mistik, dahulu kala pohon ini terdapat di daerah SMP negri 2 kebomas  yang sekarang sudah menjadi perumahan.
Dahulu kala tidak ada yang berani untuk memotong pohon itu karna banyaknya hal mistis yang berada di bawah pohon randu tersebut. Bahkan orang yang sudah tua pun tidak berani untuk memotongnya. Karena banya orang mengatakan jika pohon randu itu di tebang maka akan terjadi bencana di daerah tersebut. Lambat laun dengan bertambahnya usia si pohon randu ini pohon tersebut  tumbang dengan sendirinya tanpa ada angin, hujan, maupun badai. Maka sejak itulah tumbangnya pohon ini akhirnya warga mulai mendirikan rumah-rumah dan menjadi sebuah desa yang cukup luas dan desa itu bernama RANDUAGUNG.
Keberadaan pohon-pohon randu yang besar di desa tersebut sampai kini masih ada beberapa. Hal itu pula yag memperkuat mitos pemberian nama Randuagung yang merujuk pada pohon randu yang besar. Wallahu A’lam.

Kini, Desa Randuagung menjelma jadi wilayah perkotaan yang membunjur sepanjang jalan Dr Wahidin SH bagian tengah sampai sebagian wilayah GKB. Di desa ini juga terdapat kantor-kantor penting semisal Satlantas, BPBD, koramil, Disbudpora, dll. Bukan hanya itu, jumlah penduduk desa tersebut termasuk yang terbesar di Gresik. Terbukti ketika pemilu, ada 25 TPS (rata-rata per TPS 300 – 550 orang) di wilayah tersebut.