14 March 2011

Film Hollywood Menghilang ??

Ditulis oleh Rahma Lia
 
Beredar kabar bahwa film asing terutama film Hollywood akan dikenakan pajak yang tinggi oleh pemerintah dan film lokal akan dibebaskan dari pajak. Tujuannya adalah agar dunia film Indonesia semakin berkembang dan semakin banyak ditonton oleh masyarakat.D engan pajak tinggi yang kemungkinan besar akan dibebankan kepada penonton,diharapkan agar masyarakat lebih memilih menonton film lokal yang harga tiketnya lebih murah karena bebas pajak.



Saya sebagai seorang penikmat film terus terang tidak setuju jika film asing dibebani pajak berlebih apalagi sampai dilarang beredar di Indonesia.Perkembangan film lokal tidak ditentukan dari murah atau mahalnya tiket bioskop karena saya rasa masyarakat bisa menilai sendiri seperti apa kualitas kebanyakan film lokal.Saya adalah pembenci film horor dan film yang berkaitan dengan setan,hantu atau mahluk halus lainnya.Justru film sejenis itulah yang rajin dibuat oleh sineas lokal kita.

Tentu tidak semua film asingpun bagus.Saya bahkan sangat kecewa ketika menonton film EAT PRAY LOVE yang alurnya begitu datar sehingga terasa seperti menonton film dokumenter.Satu-satunya hal yang saya nikmati dari film itu adalah indahnya panorama Bali.Sayapun menikmati ketika menonton film lokal berkualitas seperti LASKAR PELANGI,NAGA BONAR JADI 2, SANG PENCERAH,PASIR BERBISIK ataupun AYAT-AYAT CINTA.

Khusus film ayat-ayat cinta saya agak kecewa karena ending filmnya berbeda dari cerita asli dibukunya. Tapi belakangan saya melihat justru dunia film lokal melulu dipenuhi tema dan judul seragam yaitu menonjolkan sensualitas dan dunia mistis. Lihat saja judulnya yg memakai kata pocong,arwah atau kuburan. Jangankan harus membayar, nonton gratispun saya tidak mau kalau hnya untuk menonton film seperti itu.

Saya berharap agar para sineas lokal lebih kreatif dalam mengembang tema film,sehingga para penikmat film seperti saya pun punya alasan untuk membayar tiket bioskop.Saya kebioskop bukan untuk menyaksikan orang berteriak-teriak ketakutan dikejar hantu untuk urusan yang tidak masuk akal. Saya rasa masyarakatpun bisa memilah dan memilih apa yang akan mereka tonton.
salam.