loading...

Download Modul / Buku Simulasi dan Komunikasi Digital

Buku ajar ini sudah sangat saya nanti-nantikan sebagai bekal mengajar di SMK. Perlu diketahui bahwa pada Kurikulum 2013 revisi 2017 ada perubahan yang cukup signifikan pada materi pelajaran. Hal ini saya ketahui ketika mengikuti Bimbingan Teknis K13 beberapa bulan lalu. Perubahan ini tentu wajar-wajar saja, mengingat ada penambahan kata "komunikasi" pada mata pelajaran sebelumnya "Simulasi Digital". Semoga para guru simulasi digital segera menyesuaikan materinya untuk diajarkan kepada anak didik.



Berikut ini adalah sambutan dari Direktur Pembinaan SMK:

\Pertama-tama saya panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmatNya sehingga Buku 1 dan Buku 2 - Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) yang merupakan bagian dari bahan ajar Kurikulum 2013 yang disempurnakan ini, dapat disusun.

Dunia pendidikan di Indonesia memiliki tantangan yang cukup menarik untuk disimak. Banyak faktor yang menjadi catatan penting bagi para praktisi pendidikan untuk mewujudkan salah satu cita-cita negara ini, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa ini dihadapkan pada tuntutan dunia untuk meningkatkan taraf kehidupan dengan kapabilitas mumpuni. Setiap individu mau tak mau harus membekali diri dengan keahlian atau kemampuan untuk memenangkan kompetisi di dunia kerja. Kompetensi yang harus dimiliki individu di abad ke- 21 adalah berpikir kritis untuk penyelesaian masalah, kreatif, berkomunikasi, dan berkolaborasi.

Abad ke-21 juga menuntut penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam menyikapi kondisi tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit. PSMK) menyusun Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Bahan ajar ini diajarkan untuk semua program keahlian di SMK kelas X. Konten buku ini telah dimutakhirkan sesuai dengan
perkembangan teknologi. Harapan saya, siswa SMK yang telah mempelajari materi Simdig, mampu menerapkannya pada mata pelajaran lain, sehingga mereka dapat mengomunikasikan konsep atau gagasan atas produk atau layanan yang mereka kembangkan.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas bantuan berbagai pihak yang telah berkontribusi hingga terwujudnya Buku 1 dan Buku 2 Bahan Ajar Simdig. Secara khusus, ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC) yang telah mewujudkan bahan ajar Simdig ini.

Jakarta, Juli 2017
Direktur Pembinaan SMK
Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA
NIP: 195806251985031003

Langsung saja, para guru maupun siswa SMK silakan download Buku Simulasi dan Komunikasi Digital (SIMKOMDIG) SMK Kelas X 
Share:

0 comments:

Baca Juga

Memuat...
loading...

Traffic