24 November 2016

Mengenal Meme versi Kuli Bahasa

           

            “Pak, Meme itu kosa kata dalam Bahasa Indonesia?” Itulah kalimat yang pernah ditanyakan siswa saya ketika materi Anekdot. Saya pun menjawab dengan tegas, “tidak”. Tidak ada kosa kata “meme” dalam kamus besar bahasa Indonesia. Saya buka di KBBI edisi juga tidak ada. Saya cari software KBBI offline juga tidak ada. Tidak kehabisan akal, saya buka badanbahasa.kemdikbud.go.id/glosarium juga tidak ditemukan.
            Yang ada dalam KBBI adalah mimesis yang berarti tiruan perilaku atau peristiwa antarmanusia. Selain itu, kata “meme” juga mendekati makna kata “mimik” yang artinya peniruan dng gerak-gerik anggota badan dan raut muka. Bisa jadi kata “meme”berasal dari kata ini. Yang jelas. Itulah hebatnya bahasa. Pergerakannya bersifat dinamis. Kedinamisan tersebut seiring dengan pola pikir dan kemajuan zaman. Kini, kata “meme” sangat populer dan dianggap sebagai bahasa gaul nonstandar (prokem)
            Dari wikipedia, “meme” berasal dari kata “mimeme” (Bahasa Yunani Kuno) yang berarti “imitasi/tiruan”. Kata ini dipopulerkan oleh Dawkins melalui bukunya The Selfish Gene pada tahun 1976. Wah, sudah lama banget ya... Kok saya baru kenal beberapa tahun terakhir ini. Ia gunakan kata ini untuk mendefinisikan lahirnya budaya dengan anggapan terjadinya merupakan bentukan dari banyak replikator.
            Nah, demam meme seolah sudah menjadi kebiasaan bagi para netizen. Biasanya berkaitan dengan berita yag sedang heboh, tokoh, dan sejenisnya. Ketika sebuah meme sudah menyebar secara luas di jagad dunia maya, keuntungan apa yang diperoleh bagi orang yang membuatnya? Hanya pemosting meme yang tahu.
            Yang jelas, meme bisa menjadi ajang Ger-geran (tertawa), geger (heboh, riuh, ramai), gegeran (permusuhan), atau gara-gara (pemantik masalah). Penulis hanya berpesan kepada para netizen (khususnya anak didik saya) bahwa hati-hati memposting meme. Jangan pula asal memposting meme, bisa-bisa bermasalah.
Nah berikut ini beberapa meme yang saya crop dari twitter (24/11/2016) dan juga google search. Biar tidak bermasalah (karena ini hanya contoh kepada anak didik saya), saya sertakan pula pemostingnya. 


Sisi yang lain


Yang ini favorit saya (anak didikku jangan iri)

Yang ini hasil teratas Google Search per 24 November 2016 Pukul 21.45 WIB

HATI-HATI MEMPOSTING MEME
KARENA BISA BIKIN RAME
UJUNG-UJUNGNYA ADA YG SAKIT HATI