Komponen Basis Data



Komponen Basis data
Basis data adalah merupakan suatu sistem yang dibangun oleh beberapa komponen diantaranya ada enam komponen pokok  antara lain ialah:

1.    Perangkat keras (hardware) dalam sistem komputer.  Dalam sistem pengolahan basis data digital perangkat utama sebagai pengolah data dalah komputer.
2.    Perangkat Lunak Aplikasi (software) lain yang mendukung  dan bersifat opsional. Perangkat lunak digunakan untuk mendukung proses pengelolaan basis data. Misal: bahasa pemrograman C, basic pascal.
3.    Sistem Operasi (operating system). Sistem operasi  merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola aplikasi basis data dan penggunaan sumberdaya komputer.
4.    Basis data data lain yang mempunyai keterkaitan dan hubungan dengan basis data itu sendiri. Berisi atau memiliki objek-objek basis data seperti file, table, indeks . Mempunyai disfinisi struktur baik untuk basis data maupun objek-objek secara detail.
5.    Sistem Pengelola Basis Data Database Management System atau database managemen system (DBMS). Merupakan program aplikasi untuk pengelolaan basis data, seperti Microsoft acces, oracle dan lian-lain
6.    Pemakai (user), yaitu pengguna yang terlibat dalam pengelolaan basis dan penggunaan basis data.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »