Menjaring Matahari

Ditulis oleh Rahma Lia

Adalah judul sebuah lagu yang sangat religius tapi juga indah dan puitis yang dinyanyikan oleh Ebiet G Ade. Sebuah lagu tentang kegundahan perasaan anak manusia yang lelah mengikuti tuntutan jaman. Anda pernah mendengar lagu tersebut? Saya selalu merinding setiap kali mendengar alunan musik dan syair lagu ini. Lagu ini mengingatkan saya bahwa saya hanyalah manusia fana yang lemah dan tidak berdaya apa-apa. Bahwa segala hal dalam hidup saya telah ditentukan oleh Sang Penguasa Hidup.


Bagi saya Ebiet selalu memberi ruh pada setiap lagu-lagunya sehingga lagu tersebut tidak hanya untuk didengar dan dinikmati tapi juga untuk dimaknai. Banyak tema yang dituangkan dalam lagunya dan punya makna berbeda. Misalnya, jauh sebelum euforia anti korupsi digembar-gemborkan sekarang, Ebiet telah menulis tentang hal itu meskipun dari sudut pandang seorang tertuduh dalam lagu "ISYU". Beliau pun menulis tentang indahnya jatuh cinta dalam lagu "NYANYIAN KASMARAN", lagu yang selalu membuat saya tersenyum.

Lagu nyanyian kasmaran mengajarkan kita untuk kejarlah orang kita cintai, berusahalah menaklukan hati dan perasaannya krn diam tidak akan membawa apapun. Ebiet pun menulis tentang duka dan derita kehilangan orang yang kita cintai dalam empat seri lagu "CAMELIA". Saya bisa merasakan kesedihan yang dalam ketika mendengar alunan musik dan syair dari keempat lagu itu, terutama pada lagu camelia I dan camelia IV. Ebiet pun menulis tentang suara hati orang yang pernah terbuang dalam lagu "KALIAN DENGARKAN KELUHANKU"

Lagu ini bertutur tentang bagaimana sulitnya seorang mantan narapidana kembali ketengah masyarakat. Tatapan curiga dan cemoohan yang menyakitkan hati dari orang-orang sekitarnya.Sama seperti pesan yang hendak disampaikan dalam lagu "ORANG-ORANG TERKUCIL". Tentu anda pernah mendengar lagu "BERITA KEPADA KAWAN" dan "UNTUK KITA RENUNGKAN" yang selau diputar ditelevisi ketika ada bencana menimpa negeri ini. Sebuah lagu yang mengajarkan kita untuk berempati dan membantu orang lain yang sedang kesulitan.

Yang saya sukai dari lagu-lagu Ebiet adalah beliau selalu memakai bahasa dan kata-kata yang halus untuk menggambarkan sebuah keadaan. Mendengar lagu-lagu beliau seperti mendengar nasehat yang indah bagi saya,indah karena nasehat itu disampaikan dalam bentuk lagu sehingga tidak terasa menggurui. Lagu-lagunya merefleksikan pemahaman spiritual yang baik dari sang penulis. Meskipun saya secara pribadi tidak kenal beliau tapi saya yakin beliau adalah orang yang menghargai seni dan keindahan.

Ada banyak judul lagu lain yang juga bermakna."BINGKAI MIMPI,KUPU-KUPU KERTAS,CINTA SEBENING EMBUN, dan DEMIKIANLAH CINTA"adalah salah satu lagu favorit saya. Diantara maraknya band dan penyanyi solo sekarang ini,kontribusi seorang Ebiet G Ade terhadap musik indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Saya yakin kalau beliau punya tempat tersendiri dihati para pencinta musik dan seni.Tulisan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap karya-karyanya yang tidak lekang oleh waktu. Salam

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
25 Februari 2011 00.11 delete

sepokat, ebiet mmg everlasting..

Reply
avatar
27 Februari 2011 07.15 delete

lagu, hanyalah sederetan lirik yang dilantunkan jika tanpa maksa. Dan Ebiet telah membuat "lagu" lebih dari sekedar lagu itu sendiri...nice review!

Reply
avatar
27 Februari 2011 19.21 delete

Gra2 dijaring, pg ini gk klihatan mataharinya di sini Bro. :D

Reply
avatar
Admin
28 Februari 2011 05.42 delete

haha...
iya bro jadi hujan terus disini bro

Reply
avatar
25 September 2016 06.31 delete

menyukai tulisan anda.... Salam dari kami, Komunitas Membumi Bersama Ebiet G. Ade.

Reply
avatar