31 October 2017

Contoh Cerita Fantasi Irisan dan Contoh Cerita Fantasi Total

Cerita fantasi adalah cerita yang bersifat khayali. Dengan tiga struktur (bagian) yang meliputi Orientasi, Komplikasi, dan Resolusi.

Cerita fantasi dibedakan menjadi dua, berdasarkan daya khayalinya yaitu cerita fantasi total, dan cerita fantasi irisan.

Contoh cerita fantasi total yang terdapat dalam buku teks pelajaran bahasa Indonesia adalah Cerita fantasi yang berjudul 'Kekuatan Ekor Biru Nataga'. Contoh cerita tersebut disebut sebagai contoh cerita fantasi total karena seluruh tokoh, cerita, dan latar peristiwanya merupakan fantasi, tidak pernah ada dalam dunia nyata.


Contoh cerita fantasi tersebut memang terinspirasi oleh keindahan dan keadaan pulau komodo. Tapi, latar cerita dan isi cerita dalam contoh cerita fantasi itu sama sekali tidak menggambarkan keadaan di pulau Komodo. Meskipun nama kerajaannya mirip, yaitu Tana Modo. Bahkan tokoh-tokoh dalam cerita itu juga tidak pernah ada dalam keadaan nyata.

Selanjutnya contoh cerita fantasi irisan yang ada dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP kelas 7 antara lain adalah Belajar dengan Gajah Mada, Anak Rembulan, dan Berlian Tiga Warna, serta Ruang Dimensi Alpa. 

Keempat contoh cerita fantasi di atas termasuk dalam contoh cerita fantasi irisan karena ada kemungkinan, dan ada fakta dalam sejarah yang menjadi bagian dari cerita.

Jadi, cerita fantasi irisan adalah cerita fantasi yang ada bagian nyata ada pula bagian fantasi dalam cerita tersebut.

Misalnya dalam cerita Belajar dengan Gajah Mada ada bagian yang menceritakan pelajar sedang mengamati Candi Trowulan. Candi Trowulan memang benar-benar ada, pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Majapahit di kalan mahapatih Gajah Mada bertakhta. Candi Trowulan benar-benar ada dan menjadi situs sejarah di Mojokerto.

Mirip dengan ini, adalah cerita fantasi Anak Rembulan. Meskipun fantasi ada bagian cerita yang ada dalam keadaan dunia nyata. Misalnya ketika ada anak disuruh orang tuanya untuk membeli sesuatu di warung. Juga bagian dari sejarah, ketika tempat diyakini menjadi tempat persembunyian pejuang dari penjajah Belanda.

Biasanya dongeng yang menjdi cerita rakyat di seluruh wilayah nusantara juga mengandung cerita fantasi irisan. Ada bagian yang nyata, misalnya berkaitan dengan tempat yang ada  saat ini, ada pula bagian yang fantasi atau khayali yang tidak bisa diterima nalar manusia kebanyakan.

Misalnya legenda Asal-Usul Watu Ulo, menjadi contoh cerita fantasi irisan karena ada bagian cerita yang nyata yaitu adanya batu yang menjorok dari darat ke lautan yang bentuknya mirip dengan ular. Ada pula bagian yang tidak nyata, yaitu ular raksasa tersebut dilahairkan dari telur seekor ayam betina. Baca Cerita Lengkap Asal-Usul Watu Ulo.

Adapun di sini juga disediakan contoh cerita fantasi irisan dan contoh cerita fantasi total yang cukup singkat.

Contoh Cerita Fantasi Total


Pertempuran Permulaan

Kupu Rama sudah bersiap di gelanggang pertarungan. Ini adalah masalah harga diri. Dia keluarkan semua kekuatan. Belalai Api sudah dibawa. Seluruh panglima dan pasukannya sudah membawa senjata andalan masing-masing.

"Ini masalah harga diri! Kita harus membela sampai titik darah penghabisan. Mati bersimbah darah atau mati berkalang daun demi daun tumpah darah kita! Hidup negeri Tanambunga!" Kupu Rama memompa semangat pasukannya.

Dari keajuhan terdengar dengung pasukan Wonbah, mereka terbang dengan memanggul senjata andalan berupa Durirun Cing. Sebuah senjata dengan kekuatan dahsyat. Untung pasukan Kupu Rama sudah mengenakan tameng klorofil untuk meredam senjata itu.

Ketika dengan Wonbah sudah semakin dekat, Kupu Rama memberikan aba-aba menyerang kepada pasukan merah. Pasukan merah bertarung habis-habisan. Hanya tiga wonbah yang tumbang, sementara Kupu Rama kehilangan 30 pasukannya.

Wonbah merasa di atas angin, di sesumbar dengan lantangnya.
"Dasar kutu! kalian tidak akan bisa mengalah Bangsa Wonbah untuk mengusai negeri Tanambunga!"

Pasukan Kupu Rama yang masih tersisa masih bersembunyi. Pasukan hijau bersembunyi di balik daun, pasukan coklat menyatu dengan batang-batang. Wonbah dan pasukannya tidak menyadari hal ini. Wonbah dan pasukannya mendekati intisari Tanambunga hendak mengambil alih negeri ini.

Ketika Wonbah merasa menang, Kupu Rama memerintahkan semua pasukannya menyerbu bersama-sama. Mendapat serangan mendadak pasukan Wonbah menembakkan Durirun Cing degnan tergesa-gesa. Tembakannya meleset. Mereka kehabisan peluru. 

Pasukan Kupu Rama berhasil memukul mundur Wonbah. Sambil babak belur dan kehabisan amunisi, Wonbah berkata, "hari ini kami kalah. Tapi tunggu saatnya kami balas dan habisi kalian semua!"

Kupu Rama dan pasukannya tidak memedulikan ancaman Wonbah. Kupu Rama dan pasukannya bersorak sorai gembira bisa menjaga Daun Tumpah Darah mereka, Negeri Tanambunga!

Cerita di atas adalah contoh cerita fantasi total karena seluruh bagian cerita merupakan fiksi.

Contoh Cerita Fantasi Irisan

Semua cerita fantasi yang ada dalam blog ini merupakan contoh cerita fantasi irisan. Jadi silahkan dibaca di sini Contoh Cerita Fantasi Pustamun