loading...

Logika dan Algoritma (Simulasi Digital)

1. Logika
Manusia   adalah   mahluk   paling   mulia,   sebab   dianugerahi berbagai   kelebihan   yang   tidak   diberikan kepada  semua  mahluk  selain  manusia.  Salah  satu  kelebihan  tersebut  karena  manusia  diberikan  akal pikiran,   sehingga   dapat   memilih   hal   yang   benar   dan   bermanfaat,   serta   meninggalkan   yang   tidak bermanfaat (mudarat).



Manusia merupakan mahluk  yang  mampu  berpikir  dan  bernalar  dengan baik. Sebagai mahluk yang berpikir,  manusia  memiliki  dua  ciri  yang  melekat, yaitu  rasionalitas  dan  moralitas.  Rasionalitas  akan menuntun manusia untuk   bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan   yang logis. Sedangkan moralitas  akan  mendorong manusia untuk  berlaku  sopan  santun, sesuai dengan etiket atau norma yang berlaku.   Namun,   ketika manusia berpikir, kadangkala dipengaruhi berbagai kecenderungan,
emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang  menjadikan  kita tidak dapat berpikir jernih dan logis, sehingga  menghasilkan  kesalahan berpikir  dan  pada  akhirnya  akan  mengakibatkan  kesimpulan  yang salah (sesat).

Dalam setiap  keadaan, seorang manusia membutuhkan pola pikir  logis.  Berpikir logis yaitu berpikir
dengan cara yang benar/masuk akal dan sesuai dengan hukum logika.


Beberapa manfaat yang akan didapatkan setelah mempelajari logika antara lain sebagai berikut.

a.Menjaga supaya kita selalu berpikir benar menggunakan asas-asas sistematis.

b.Membuat daya pikir menjadi lebih tajam, dan menjadikannya lebih berkembang.

c. Membuat setiap orang berpikir cermat, objektif, dan efektif dalam berkomunikasi.

d. Meningkatkan cinta kebenaran dan menghindari kesesatan bernalar.

Bagaimana dengan perbandingan otak kanan yang dominan lebih berwarna dan manusiawi, jika hanya lebih mengutamakan logika tanpa rasa, layakkah siswa diajarkan seperti robot dengan program dan perintah tanpa rasa? Dalam memberikan penjelasan akankah lebih baik moderat dan digambarkan dengan baik. Cara kerja otak lebih nyata jika divisualisasikan

Salah  satu fungsi logika adalah sebagai alat untuk menarik kesimpulan.  Kita  dapat  menggunakan alat ini setelah melakukan penalaran berdasarkan pernyataan-pernyataan benar (premis) yang ada.
Penalaran untuk penarikan kesimpulan dibedakan menjadi dua jenis  yaitu pola nalar deduktif dan induktif.


2. Algoritma
Setelah mempelajari logika yang terkait tentang “bagaimana manusia berpikir dengan benar”, selanjutnya akan membahas tentang “bagaimana cara penyelesaian yang baik”.

Untuk mendapatkan cara penyelesaian yang baik dibutuhkan strategi atau   langkah-langkah yang sistematis agar dapat memecahkan masalah dengan cara terbaik.




Share:

0 comments:

Baca Juga

Memuat...
loading...

Traffic