25 October 2016

Asal Usul Desa Boteng Menganti

Abot Enteng di lakoni bareng-bareng
Sebagai bagian dari wilayah Gresik sisi selatan, Menganti juga mempunyai deretan asal usul penamaan desa/dusun. Salah satunya yakni penamaan Desa Boteng. Desa yang telah berkembang pesat dan mempunyai deretan perumahan dan dusun ini juga mempunyai cerita tersendiri dalam lahirnya kata “Boteng” untuk daerah tersebut.

Desa Boteng terletak di tepi sungai Lamong di selatan Desa Boboh, secara toponimis dapat ditafsirkan sebagai kediaman para pedagang, tempat memuat barang-barang berat, angkutan danau yang menunjuk pada terjadinya aktivitas perniagaan di pusat pemerintahan Giri di pedalaman.
Dari segi pengertian desa Boteng itu merupakan Singkatan dari kata Abot – Enteng, dalam arti indonesia berarti Berat – Ringan. Sebenarnya dari pemberian nama tersebut tidak ada legenda khusus yang mendasarinya. Dengan diberi Nama itu, sebagai doa agar Masyarakat Desa Boteng ini selalu memiliki Sikap Gotong royong,entah hal itu berat atau ringan.
Meski tak ada legenda khusus, sejatinya nama tersebut merujuk pada daerah tersebut sebagai lokasi memuang barang-barang berat, dll pada masa pemerintahan Giri. Artinya, karena adanya banyak aktivitas berat, maka Abot-Enteng (berat-ringan) musti dikerjakan secara gotong royong.

Desa Boteng juga memiliki yang Mbabat Alas alias Pembuka desa nya. Yaitu mbah Jenggot. Kenapa disebut Mbah Jenggot? Karena beliau adalah Sesepuh/tertua di Desa tersebut. Makamnya terletak di daerah desa Boteng pastinya tapi letaknya cukup jauh yakni masuk ke pelosok Desa Boteng. Makamnya cukup bagus dan terawat, jadi kalau ada yang mau jalan jalan untuk wisata religius juga bisa mampir ke situ. Tinggal tanya tanya aja ke warga sekitar pasti semua tahu.